1. Interaksi
pembeli dan penjual
Sama halnya
dengan interaksi sosiallainnya, interaksi
sosial di pasar
jugamerupakan proses yang
sangat pentingdan pasti
terjadi. interaksi sosial
yangseperti ini sering dikatakan interaksi antarapenjual dan pembeli.
Interaksi sosial antarapenjual dan pembeli
dilataberlakangi
olehkebutuhan yang sejalan. Penjualmembutuhkan pembeli
untuk membelibarang dagangannya, dan
pembelimembutuhkan penjual untuk
membelibarang atau jasa.
Hubungan ini lah
yang disebut hubungan timbal
balik atau salingmempengaruhi antara penjual dan pembeli
Penjual adalah orang
yang melakukansebuah akifitas
pemasaran yang ditujukanuntuk menyampaikan barang
kepada onsumen yang berasal
dari produsen.Upaya ini
dilakukan tentu untukmenghubungkan sekaligus
memberikankeuntungan antara konsumen danprodusen Konsumen
akan bisa memenuhikebutuhanya dan
produsen bisamemperoleh laba dari hasilpenjualannya.Beberapa kegiatanyangdilakukan oleh
penjual adalah mencaripembeli, mempengaruhi pembeli,
sertamemberi arahan agar
pembeli bisamenyesuaikan kebutuhannya denganproduk yang
ditawarkan dengan ikatanperjanjian harga
dan menguntungkankedua belah
pihak.
2. Tipe-tipe
hubungan
a. Hubungan
yang terjalin karena transaksi
Dengan adanya perubahan waktu dan diikuti
dengan persaingan harga produk dari pesaing lain, biasanya pihak penjual
memiliki cara sendiri agar pelanggannya tidak pergi pada perusahaan lain, cara
yang dilakukan pihak penjual biasanya akan memberikan / mengajak kesepakatan
dalam bertransaksi misalnya dengan memberikan potongan harga kepada
pelanggannya
b. Hubungan karena strategi
pemasaran
Setelah meneliti target pasar mana yang
akan dikuasai pihak penjual akan melakukan berbagai macam strategi sehingga
banyak pihak yang tertarik akan produknya
3. Berbagai
metode untuk mempengaruhi konsumen industri
a. Presentasi Penjual
Sebelum melakukan presentasi penjual akan
mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang apa saja yang diinginkan oleh
pembeli, setelah mengetahui apa yang diinginkan maka dengan mudah pihak penjual
akan mempromosikan produk dengan berbagai service yang ditawarkan sehingga
pihak pembeli ingin mencoba produknya.
b. Negosiasi Dengan Pembeli
Salah satu cara yang akan dilakukan pihak
penjual akan memberikan/menjanjikan service yang terbaik didalam negosiasinya
c. Informasi
Dalam negosiasi hal yang terpenting yaitu
mencari tahu informasi apa yang diinginkan pembeli dan penjual akan meyakinkan
pembeli bahwa perusahaannya memiliki kualitas terbaik dengan menunjukkan berita
tentang perusahaan tersebut yang pernah diterbitkan di koran, majalah atau
lainnya
4. Pelayanan
konsumen
Pelayanan
kepada pelanggan merupakan salah satu unsur terpenting dalam komunikasi
pemasaran. Pelayanan kepada pelanggan bertujuan memelihara dan meningkatkan
hubungan psikologis antara produsen dan pelanggan serta memantau barbagai
keluhan pelanggan. Persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dimana semakin
banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan
menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi kepada pemenuhan
kepuasan pelanggan sebagai tugas utama.
Pengertian
pelayanan konsumen / pelanggan (customer service) adalah bukan sekedar suatu
keunggulan kompetitif. Pada banyak industri customer service adalah ujung
tombak yang membuat suatu industri bisa bertahan dalam dunia persaingan yang
semakin ketat. Layanan merupakan standar baru dan pelanggan menilai kinerja
suatu perusahaan dari layanannya
5.
Kesepakatan
khusus antara pembeli dengan penjual
Hadirnya pasar di lingkungan masyarakat sangat
penting. Karena pasar bagai roda perekonomian suatu negara. Sehingga muncullah
fungsi utama pasar seperti pembentukan harga, distribusi, promosi, penyerapan
tenaga kerja, dan menyediakan barang serta jasa. Dalam sebuah kegiatan
pemasaran, seringkali ditemukan atau dilakukan kesepakatan khusus. Kesepakatan
khusus ini adalah kesepakatan yang tidak umum dilakukan atau hanya disepakati
oleh penjual dan pembeli tertentu yang mempunyai kepentingan atau tujuan
tertentu seperti negosiasi jual beli barang baik dari jumlah barang, kapan dan
dimana barang itu akan dibeli serta tujuan pembelian barang tersebut.
6. Customer
relationship management
CRM
(Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan
proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi
mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada,
pelanggan yang puas dan loyal.
Tujuan
dari CRM adalah untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan
dan perilaku pelanggan, untuk selanjutnya memberikan sebuah pelayanan yang
optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada, karena kunci sukses dari
bisnis sangat tergantung seberapa jauh kita tahu tentang pelanggan dan memenuhi
kebutuhan mereka. Sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai dan
mempertahankan kepemimpinan dan profitabilitas tanpa melakukan fokus secara
berkesinambungan yang dapat dilakukan pada CRM.
CRM
menjangkau banyak bidang dalam organisasi, termasuk :
- Penjualan
- Layanan
Pelanggan
- Pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar