Selasa, 22 Oktober 2019

HUBUNGAN PEMBELIAN DENGAN PENJUAL



1.       Interaksi pembeli dan penjual
Sama  halnya  dengan  interaksi  sosiallainnya,   interaksi   sosial   di   pasar   jugamerupakan   proses   yang   sangat   pentingdan   pasti   terjadi.   interaksi   sosial   yangseperti ini sering dikatakan interaksi antarapenjual dan pembeli. Interaksi sosial antarapenjual  dan  pembeli  dilataberlakangi  olehkebutuhan       yang       sejalan.       Penjualmembutuhkan    pembeli    untuk    membelibarang      dagangannya,      dan      pembelimembutuhkan    penjual    untuk    membelibarang  atau  jasa.  Hubungan  ini  lah  yang disebut  hubungan  timbal  balik  atau  salingmempengaruhi antara penjual dan pembeli Penjual  adalah  orang  yang  melakukansebuah  akifitas  pemasaran  yang  ditujukanuntuk    menyampaikan    barang    kepada onsumen   yang   berasal   dari   produsen.Upaya      ini      dilakukan      tentu      untukmenghubungkan    sekaligus    memberikankeuntungan      antara      konsumen      danprodusen  Konsumen  akan  bisa  memenuhikebutuhanya       dan       produsen       bisamemperoleh          laba          dari          hasilpenjualannya.Beberapa     kegiatanyangdilakukan   oleh   penjual   adalah   mencaripembeli,   mempengaruhi   pembeli,   sertamemberi     arahan     agar     pembeli     bisamenyesuaikan      kebutuhannya      denganproduk   yang   ditawarkan   dengan   ikatanperjanjian    harga    dan    menguntungkankedua belah pihak.

2.      Tipe-tipe hubungan
a. Hubungan yang terjalin karena transaksi
      Dengan adanya perubahan waktu dan diikuti dengan persaingan harga produk dari pesaing lain, biasanya pihak penjual memiliki cara sendiri agar pelanggannya tidak pergi pada perusahaan lain, cara yang dilakukan pihak penjual biasanya akan memberikan / mengajak kesepakatan dalam bertransaksi misalnya dengan memberikan potongan harga kepada pelanggannya
          b.  Hubungan karena strategi pemasaran
      Setelah meneliti target pasar mana yang akan dikuasai pihak penjual akan melakukan berbagai macam strategi sehingga banyak pihak yang tertarik akan produknya

3.      Berbagai metode untuk mempengaruhi konsumen industri
a. Presentasi Penjual
      Sebelum melakukan presentasi penjual akan mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang apa saja yang diinginkan oleh pembeli, setelah mengetahui apa yang diinginkan maka dengan mudah pihak penjual akan mempromosikan produk dengan berbagai service yang ditawarkan sehingga pihak pembeli ingin mencoba produknya.
           b. Negosiasi Dengan Pembeli
      Salah satu cara yang akan dilakukan pihak penjual akan memberikan/menjanjikan service yang terbaik didalam negosiasinya
           c. Informasi
      Dalam negosiasi hal yang terpenting yaitu mencari tahu informasi apa yang diinginkan pembeli dan penjual akan meyakinkan pembeli bahwa perusahaannya memiliki kualitas terbaik dengan menunjukkan berita tentang perusahaan tersebut yang pernah diterbitkan di koran, majalah atau lainnya

4.      Pelayanan konsumen
Pelayanan kepada pelanggan merupakan salah satu unsur terpenting dalam komunikasi pemasaran. Pelayanan kepada pelanggan bertujuan memelihara dan meningkatkan hubungan psikologis antara produsen dan pelanggan serta memantau barbagai keluhan pelanggan. Persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi kepada pemenuhan kepuasan pelanggan sebagai tugas utama.
Pengertian pelayanan konsumen / pelanggan (customer service) adalah bukan sekedar suatu keunggulan kompetitif. Pada banyak industri customer service adalah ujung tombak yang membuat suatu industri bisa bertahan dalam dunia persaingan yang semakin ketat. Layanan merupakan standar baru dan pelanggan menilai kinerja suatu perusahaan dari layanannya

5.      Kesepakatan khusus antara pembeli dengan penjual
Hadirnya pasar di lingkungan masyarakat sangat penting. Karena pasar bagai roda perekonomian suatu negara. Sehingga muncullah fungsi utama pasar seperti pembentukan harga, distribusi, promosi, penyerapan tenaga kerja, dan menyediakan barang serta jasa. Dalam sebuah kegiatan pemasaran, seringkali ditemukan atau dilakukan kesepakatan khusus. Kesepakatan khusus ini adalah kesepakatan yang tidak umum dilakukan atau hanya disepakati oleh penjual dan pembeli tertentu yang mempunyai kepentingan atau tujuan tertentu seperti negosiasi jual beli barang baik dari jumlah barang, kapan dan dimana barang itu akan dibeli serta tujuan pembelian barang tersebut.

6.      Customer relationship management
CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.
Tujuan dari CRM adalah untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan, untuk selanjutnya memberikan sebuah pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada, karena kunci sukses dari bisnis sangat tergantung seberapa jauh kita tahu tentang pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan kepemimpinan dan profitabilitas tanpa melakukan fokus secara berkesinambungan yang dapat dilakukan pada CRM.
CRM menjangkau banyak bidang dalam organisasi, termasuk :
- Penjualan
- Layanan Pelanggan
- Pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar